Cita-cita

Hari kemarin keseharianku di kantor hanya sebentar karena aku harus pergi kuliah, (aku kuliah ngambil kelas karyawan jurusan tarbiyah)...
"Akan kemana setelah kuliah selesai fer ? apa mau melanjukan ke S2 ?".. tanya seorang temanku..
"Ga tau, pengennya sih kuliah lagi. tapi ngambil jurusan yang laen dan pengen ikut kuliah regular"... jawabku..
Maklumlah aku merasa kuliah yang sekarang hampir selesai tak ada ilmu yang aku dapatkan..
"Mending dilanjutin ja kuliahnya ke S2, kalo kamu mau ngejar karir"... ujar temanku melanjutkan obrolannya.
"aku tidak begitu memikirkan masalah gelar ataupun karir, tapi aku pengen kuliah karena aku pengen dapetin ilmu dari ilmu2 yang laen, sekarang pun aku masih merasa malu dengan kemampuanku. disebutnya ja kuliah tapi ilmunya ga ada".. aku menjawab dengan nada agak malu..

Dengan sendirinya karir akan mengikuti manakala kemampuan/pengetahuan kita telah banyak. aku berkeyakinan demikian. karena dalam salah satu ayat AlQur'an : "Alloh akan meninggikan derajat orang yang beriman dan orang2 yang berilmu"...
Berilmu disini, mencakup berilmu lahiriah maupun ilmu bathiniah/jiwa..
jika ilmu lahiriah/duniawinya baik, maka baik pula derajat lahiriahnya dimata sesama makhluk. begitupun jika ilmu bathiniahnya telah sempurna maka derajatnya akan tinggi, bukan hanya dari segi ukhrowinya saja tapi mencakup dari segi duniawinya,..

No comments: